Kabar Terbaru :
Home » » KARANG TARUNA

KARANG TARUNA

| 0 komentar

A. PROFIL KARANG TARUNA DESA PANJANG UMUR

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa Panjang Umur, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna Desa Panjang Umur merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. dan sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna Desa Panjang Umur berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari tingkat dusun sampai pada tingkat desa. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 - 35 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 20 - 35 tahun.

Karang Taruna Desa Panjang Umur didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Untuk megetahui tentang profil lengkap dari Karang Taruna Desa Panjang Umur, mulai dari sejarahnya hingga profil pengurus dan anggotanya. Maka kami persilahkan Anda untuk download DISINI

B. PROGRAM KERJA KARANG TARUNA DESA PANJANG UMUR

Program Kerja adalah garis besar haluan kerja Karang Taruna Desa Panjang Umur satu periode kepengurusan ( lima tahunan ) yang harus diperhatikan dan digunakan sebagai pegangan oleh masing-masing Bidang dalam rangka menyusun program kerja maupun dalam menjalankan roda organisasi.

INTERNAL ORGANISASI

1. Konsolidasi Organisasi

Sebagai organisasi baru dan bersifat kekeluargaan, Karang Taruna Desa Panjang Umur membutuhkan komitmen pada seluruh anggotanya untuk berperan aktif mengembangkan dan membesarkan lembaga yang baru tumbuh ini. Meskipun hubungan-hubungan yang tercipta dalam aktifitas kita selama di Karang Taruna lebih bersifat formalistik, kiranya hal tersebut tidak menyempitkan arti formalitas, terutama terkait dengan kegiatan sosial kemasyarakatan dalam rangka beribadah kepada Alloh SWT.

Dalam mengapresiasi tujuan lembaga ini, kiranya ada beberapa poin yang perlu dikaji bersama :
  • Membangun komunikasi, informasi dan partisipasi yang dibina dari dalam.
  • Perlu ditumbuhkan rasa kebanggaan pada diri anggota terhadap organisasi.
  • Bersikap aktif, berdedikasi tinggi, berprestasi serta responsive terhadap program organisasi.
  • Ikut membantu memecahkan permasalahan almamater.
  • Meningkatkan daya tarik bagi anggota baru.
2. Atribut dan Kesekretariatan
  • Perlu menetapkan iuran anggota Rp. 25.000,- perbulan.
  • Membuat logo dan kata-kata yang tertera dalam logo.
  • Mencetak kartu anggota yang bentuk dan warna menarik dan multi guna.
  • Melakukan sistemisasi dan administrasi organisasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.
  • Sekretariat berkedudukan di pusat Desa yang disepakati bersama.
EKSTERNAL ORGANISASI

1. Meningkatkan peran serta secara aktif melalui berbagai kegiatan.
2. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak menurut jalur profesi.
3. Menjalin kemitraan dalam berbagai kegiatan.

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA

1. Bidang Organisasi dan Keanggotaan
  • Memperluas wilayah kerja organisasi.
  • Bekerja sama dengan pihak Desa melakukan pendataan dan sosialisasi data-base yang tersedia.
  • Meningkatkan jumlah dan peran serta anggota melalui media komunikasi (email, sms,facebook, dsb)
  • Melakukan mapping atau pemetaan terhadap kekuatan potensial anggota dalam rangka memperkuat jaringan kerja.
  • Mendorong dan membantu meningkatkan potensi individu anggota.
2. Bidang Sosial , Seni, Olah Raga dan Pecinta Alam
  • Mengadakan kegiatan kemasyarakatan yang manfaatnya dirasakan secara langsung oleh masyarakat, baik yang bersifat insidental (misalnya : penanggulangan bencana alam) maupun terprogram, khususnya masalah-masalah yang berkaitan dengan sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat.
  • Mengupayakan program beasiswa kepada para anggota yang kurang mampu sesuai dengan kemampuan keuangan organisasi.
  • Menyelenggarakan kompetisi/ kegiatan di bidang olah raga-seni dan ke pecinta alaman antar anggota, guna mempererat dan meningkatkan rasa persaudaraan antar anggota.
3. Bidang Pendidikan Penelitian dan IPTEK
  • Melakukan kajian-kajian ilmiah serta kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, maupun hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan kesehatan dan sosial.
  • Memacu penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan membantu anggota dan alumni yang memerlukan bantuan dalam pengembangan IPTEK.
  • Melakukan kajian dan memberikan masukan-masukan kepada Desa terkait dengan pengembangan bidang pendidikan dan IPTEK.
  • Melakukan kegiatan yang bersifat supporting actifity kepada seluruh elemen organisasi, baik dalam bentuk kajian, penelitian, riset maupun pengembangan potensi.
4. Bidang Kerjasama , Informasi, Komunikasi dan Advokasi
  • Mengadakan kerjasama produktif dengan organisasi lain, baik didesa (Pemerintah maupun swasta/LSM) maupun organisasi internasional.
  • Menjalin komunikasi produktif dengan pihak Desa maupun masyarakat Desa.
  • Meningkatkan solidaritas organisasi dan solidaritas antar organisasi di Desa di berbagai tingkatan.
  • Malakukan publikasi tentang aktifitas organisasi  guna menunjang program organisasi maupun peningkatan eksistensi organisasi.
  • Melakukan advokasi kepada anggota terutama apabila dibutuhkan.
5. Bidang Usaha
  • Menggali potensi ekonomi alumni untuk menghidupi organisasi.
  • Melakukan penggalangan dana baik terhadap potensi organisasi maupun pihak di luar yang bersifat tidak mengikat guna mewujudkan DANA ABADI yang digunakan sepenuhnya untuk kepentingan organisasi, maupun kepentingan masyarakat.
  • Melakukan pengelolaan DANA ABADI dengan mengembangkan unit-unit usaha yang aman dan menguntungkan, dikelola secara transparan dan bertanggung jawab dan hasilnya digunakan sepenuhnya untuk kepentingan organisasi, maupun masyarakat.
PENUTUP

Dari analisis kondisi dewasa ini, potensi Karang Taruna Desa Panjang Umur tidak beda jauh dengan organisasi lain didesa. Untuk itu diperlukan merapatkan barisan, mengikat tali persaudaraan di berbagai wilayah desa.

Program kerja tidak akan tercapai sesuai harapan, bila tidak ada dukungan dan peran serta dari seluruh anggota dan pengurus di berbagai tingkatan.
C. AGENDA KERJA KARANG TARUNA DESA PANJANG UMUR

Usaha atau kerja (dilambangkan dengan W dari Bahasa Inggris Work) adalah energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak.

Usaha didefinisikan sebagai integral garis (pembaca yang tidak akrab dengan kalkulus peubah banyak lihat "rumus mudah" di bawah):


W = \int_{C} \vec F \cdot \vec{ds}

di mana
C adalah lintasan yang dilalui oleh benda;
\vec F adalah gaya;
\vec s adalah posisi.

Usaha adalah kuantitas skalar, tetapi dia dapat positif atau negatif. Tidak semua gaya melakukan kerja. cotohnya, gaya sentripetal dalam gerakan berputar seragam tidak menyalurkan energi; kecepatan objek yang bergerak tetap konstan. Kenyataan ini diyakinkan oleh formula: bila vektor dari gaya dan perpindahan tegak lurus, yakni perkalian titik mereka sama dengan nol.

Bentuk usaha tidak selalu mekanis, seperti usaha listrik, dapat dipandang sebagai kasus khusus dari prinsip ini; misalnya, di dalam kasus listrik, usaha dilakukan dalam partikel bermuatan yang bergerak melalui sebuah medium.

Konduksi panas dari badan yang lebih hangat ke yang lebih dingin biasanya bukan merupakan usaha mekanis, karena pada ukuran makroskopis, tidak ada gaya yang dapat diukur. Pada ukuran atomis, ada gaya di mana atom berbenturan, tetapi dalam jumlahnya usaha hampir sama dengan nol.

Sebagai organisasi kepemudaan di Desa Panjang Umur, maka kamipun tlah membuat agenda kerja dari tahun ketahun untuk memantapkan peranan kami didesa Panjang Umur.

Selengkapnya tentang agenda kerja Karang Taruna Desa Panjang Umur tahun kerja 1432 - 1433 H, silahkan Anda untuk download DISINI

D. PENCAPAIAN PROGRAM KERJA KARANG TARUNA DESA PANJANG UMUR

Siapa sih orang di dunia ini yang tidak ingin yang namanya sukses? Ketika kita berbicara tentang kesuksesan, akan terbesit dalam pikiran kita yaitu tentang penggapaian impian dan cita-cita kita. Misal kita mempunyai impian untuk memimpin sebuah perusahaan, bercita-cita menjadi pemain sepakbola terkenal di dunia, menjadi penyanyi terkenal, dan sebagainya.

Sukses adalah ketika apa yang kita impikan dan cita-citakan menjadi kenyataan. Misal seseorang sangat menginginkan atau mempunyai sebuah impian memiliki sebuah kehidupan yang bahagia. Memiliki sebuah rumah mewah beserta isinya, harta berlimpah, mobil banyak, isteri cantik, anak yang berbakti, dan kehidupan yang harmonis. Maka seseorang dikatakan sukses tatkala semua yang di impikannya tersebut menjadi kenyataan.

Definisi sukses setiap orang pasti berbeda-beda. Misal bagi orang tertentu sukses adalah ketika menjadi seorang guru yang berpenghasilan tetap namun bagi orang lain kondisi tertentu belum di katakan sukses karena sukses menurutnya adalah ketika menjadi seorang bupati atau gubernur. Yes, It depend on your dream. 

Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah semua itu about the struggle atau tentang kerja keras. Yaitu kerja keras dalam menggapai kesuksesan tersebut. Semua orang ingin sukses namun tidak semua orang mau untuk bekerja keras. Tukul Arwana bilang " Jadikanlah mimpi anda sebagai tujuan hidup tapi jangan biarkan hidup dalam mimpi". Artinya, jangan biarkan mimpi-mimpi kita menjadi angan-angan atau sekedar mimpi di siang bolong saja tapi jadikan impian kita untuk berusaha dengan gigih dan bekerja keras untuk menggapainya. Jadi apapun cita-cita dan impian kita, kuncinya adalah kita harus kerja keras untuk menggapainya. Right??

Seperti ombak yang tak pernah berhenti menghantam bebatuan, seperti air yang tak akan pernah berhenti untuk mengalir, dan seperti udara yang selalu berhembus. Tak akan ada kata menyerah sebelum kita gapai semua mimpi-mimpi kita. Lihatlah betapa hancurnya bebatuan karena terpaan ombak yang terus menerus, lihatlah betapa hancurnya pepohonan karena tiupan angin yang terus menerus, dan lihatlah tetesan air yang menghancurkan sebuah batu ketika menetes dengan terus-menerus. Semuanya karena kerja keras yang terus menerus tanpa pernah mengenal kata menyerah apalagi putus asa.

So, sukses adalah sebuah pilihan. Semuanya tergantung kepada anda.

Mau sukses?
Ya anda harus bekerja keras. Enggan bekerja keras?

Jangan harap ingin sukses. Lihatlah betapa banyak rintangan dan cobaan yang dihadapi orang-orang yang sudah sukses dalam hidupnya. Cobalah tengok bagaimana usaha-usaha yang dilakukan Thomas Alva Edison dalam menekuni usahanya. Ya anda benar. Dia mengalami kegagalan lebih dari 1000 kali namun apakah dia menyerah? Tidak, dia terus berjuang sampai akhirnya membuat sebuah bola lampu yang mampu menerangi kehidupan sampai saat ini. Lihatlah betapa Wright bersaudara tidak pernah merasa putus asa walau mereka disebut orang gila karena ingin menjadi manusia yang bisa terbang. Namun semua orang terpanah ketika mereka menciptakan sebuah alat untuk terbang dan berhasil melayang di angkasa.

Jadi tunggu apa lagi ??

Berangkat dari keinginan untuk membangun generasi wanita Desa Kumogakure yang semakin baik dari tahun ketahun, maka dengan semangat " HARI INI HARUS LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN ", kami berhasil meraih banyak pencapaian program kerja yang mengagumkan ( bukan pamer ), baik dibidang keagamaan maupun dibidang keduniawian.

Beragam pencapaian sukses dari program kerja KARANG TARUNA Desa Panjang Umur, silahkan Anda untuk download DISINI

E. LAPORAN KEUANGAN KARANG TARUNA DESA PANJANG UMUR

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
  • Neraca
  • Laporan laba rugi
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan
Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aktiva, kewajiban,dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinereja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.

Dalam postingan ini, kami beberkan laporan keuangan Karang Taruna Desa Panjang Umur tahun 1433 H, mulai bulan Muharram hingga Ramadhan yang bisa didownload gratis lewat website ini.

Download laporan keuangan Karang Taruna, klik saja DISINI

F. GALERI DOKUMENTASI KARANG TARUNA DESA PANJANG UMUR

Pada kolom posting ini, kami hadirkan beragam dokumentasi kegiatan Karang Taruna Desa Panjang Umur mulai tahun kegiatan 1427 H sampai 1432 H, yang dimulai pada 1 Muharram sampai 29 Zulhijah.

Dokumentasi kegiatan ini kami hadirkan dalam 2 versi, yaitu versi foto / gambar dan versi video, yang nantinya bisa Anda download secara gratis lewat website ini.

A. DOKUMENTASI BENTUK GAMBAR / FOTO

-) Tahun 1427 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1428 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1429 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1430 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1431 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1432 H, silahkan download DISINI

B. DOKUMENTASI BENTUK VIDEO ( MP4 )

-) Tahun 1427 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1428 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1429 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1430 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1431 H, silahkan download DISINI
-) Tahun 1432 H, silahkan download DISINI


Demikianlah kolom KARANG TARUNA DESA PANJANG UMUR ini kami hadirkan untuk Anda, Insya Alloh bulan depan akan kami hadirkan lebih banyak lagi. Terima kasih



Desa Panjang Umur, 1 Rajab 1433 H
Hormat Kami,

Ttd

Sdr. Kisada Tenga
( Ketua Karang Taruna )

Bagi Info Ini Lewat :
 
SILAHKAN KUNJUNGI : Panduan Bikin Website | Panduan Cari Uang Di Internet | Produk Mewah Modal Kecil
Copyright © 2012. DESA PANJANG UMUR - All Rights Reserved
Template Dimodifikasi Ulang Pada Tanggal 1 November 2012
Oleh Tim IT Desa Panjang Umur